Pages

Friday, April 5, 2013

SOAL UN BAHASA ARAB SMA 2007-2008

SOAL UN BAHASA ARAB SMA 2007-2008



UJIAN NASIONAL
TAHUN PELAJARAN 2007/2008
BAHASA ARAB
PROGRAM STUDI KEAGAMAAN
PANDUAN MATERI
SMA DAN MA
PUSAT PENILAIAN PENDIDIKAN
BALITBANG DEPDIKNAS
SMA/MA ©Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan – BALITBANG – DEPDIKNAS i
KATA PENGANTAR
Dalam rangka sosialisasi kebijakan dan persiapan penyelenggaraan Ujian Nasional
Tahun Pelajaran 2007/2008, Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang Depdiknas
menyiapkan panduan materi untuk setiap mata pelajaran yang diujikan pada Ujian
Nasional. Panduan tersebut mencakup:
1. Gambaran Umum
2. Standar Kompetensi Lulusan (SKL)
3. Contoh Soal dan Pembahasan
Panduan ini dimaksudkan sebagai pedoman bagi sekolah/madrasah dalam
mempersiapkan peserta didik menghadapi Ujian Nasional 2007/2008. Khususnya
bagi guru dan peserta didik, buku panduan ini diharapkan dapat menjadi acuan
dalam mewujudkan proses pembelajaran yang lebih terarah, sesuai dengan
Standar Kompetensi Lulusan yang berlaku pada satuan pendidikan.
Semoga buku panduan ini bermanfaat bagi semua pihak yang terkait dalam
persiapan dan pelaksanaan Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2007/2008.
Jakarta, Januari 2008
Kepala Pusat
Burhanuddin Tola, Ph.D.
NIP 131099013
SMA/MA ©Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan – BALITBANG – DEPDIKNAS ii
DAFTAR ISI
Halaman
Kata pengantar ………………………………………………………………………………………. i
. Daftar Isi…………………………………………………………………………………………………. ii
. Gambaran Umum ………………………………………………………………………………… 1
..Standar Kompetensi Lulusan ………………………………………………………………… 2
. Contoh Soal:
• Standar Kompetensi Lulusan 1 ....................................................
• Standar Kompetensi Lulusan 2 ....................................................
• Standar Kompetensi Lulusan 3 ....................................................
• Standar Kompetensi Lulusan 4 ....................................................
• Standar Kompetensi Lulusan 5 ....................................................
• Standar Kompetensi Lulusan 6 ....................................................
• Standar Kompetensi Lulusan 7 ....................................................
• Standar Kompetensi Lulusan 8 ....................................................
• Standar Kompetensi Lulusan 9 ....................................................
• Standar Kompetensi Lulusan 10 ...................................................
8
10
12
14
16
18
20
22
24
26
SMA/MA ©Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan – BALITBANG – DEPDIKNAS 1
1. Pada ujian nasional tahun pelajaran
2007/2008, bentuk tes Bahasa Arab tingkat
SMA/MA, berupa tes tertulis dengan bentuk
soal pilihan ganda, sebanyak 40 soal dengan
alokasi waktu 120 menit.
2. Acuan yang digunakan dalam menyusun tes
ujian nasional adalah standar kompetensi
lulusan tahun 2008 (SKL-UN-2008).
3. Materi yang diujikan untuk mengukur
kompetensi tersebut meliputi: pemahaman
terhadap kata, kalimat dan paragraf melalui
huruf hijaiyah, memahami teks, memahami
gambar, memahami kosa kata, ajaran-ajaran
komunikatif, unsur-unsur bahasa (struktur
bahasa).
GAMBARAN UMUM
SMA/MA ©Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan – BALITBANG – DEPDIKNAS 2
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
(SKL)
URAIAN
1. MEMBACA
Memahami berbagai ragam wacana
tulis sederhana dalam bentuk paparan
dan atau dialog sederhana tentang
identitas diri, kehidupan sekolah, hobi,
dan kegiatan waktu senggang,
kehidupan keluarga, pekerjaan, wisata.
- Menentukan tema
- Menentukan informasi (misalnya
dengan bantuan gambar, grafik,
tabel, dan denah)
- Menentukan makna kata/frasa
- Menyimpulkan isi wacana
- Menentukan susunan kalimat yang
benar
*)
- Menulis kata/kalimat/paragraf/
wacana sederhana
- Mengungkapkan pikiran/pendapat/
perasaan
- Menggunakan ungkapan/kosakata,
struktur/pola kalimat
- Menentukan ungkapan/kosakata,
struktur/pola kalimat
*)
2. MENULIS
Mengungkapkan pendapat, perasaan dan
pikiran secara tertulis dengan
menggunakan ungkapan komunikatif,
kosakata dan struktur/pola kalimat
yang tepat, tentang identitas diri,
kehidupan sekolah, hobi, dan kegiatan
di waktu senggang, kehidupan
keluarga, pekerjaan, wisata.
A. Batas materi
identitas diri :
- Salam jumpa dan salam perpisahan
- Memperkenalkan nama diri
- Ejaan nama
- Memperkenalkan seseorang kepada
orang lain
- Menginformasikan alamat
- Jumlah benda, angka, nomor telepon
- Mengemukakan keadaan diri dan
keadaan orang lain
- Mengucapkan dan menjawab salam
pertemuan dan perpisahan
- Menyampaikan dan menanggapi
ucapan terima kasih
- Meminta dan menanggapi
permohonan maaf
- Menanyakan dan memperkenalkan
sesuatu dengan menunjuk pada
orang/bendanya
SMA/MA ©Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan – BALITBANG – DEPDIKNAS 3
Kehidupan sekolah:
- Memperkenalkan nama sekolah
- Menyampaikan gambaran tentang
sekolah yang meliputi: keadaan
kelas, jabatan dalam struktur
organisasi di kelas dan di sekolah,
ruang guru, dan tata usaha,keadaan
guru, jadwal/mata pelajaran,
halaman, taman, kantin
Kehidupan keluarga:
- Memperkenalkan anggota keluarga
seperti, ibu, ayah, kakek, nenek,
kakak
- Menyampaikan alamat rumah
- Menyampaikan pekerjaan orang tua
- Menyampaikan hubungan antar
keluarga/tetangga
Layanan umum:
- Berkomunikasi yang berkaitan
dengan transaksi
- Bertanya dan menjawab tentang
layanan umum
Pekerjaan:
- Bertanya dan menjawab tentang
pekerjaan seseorang
- Menyebutkan jenis-jenis pekerjaan
- Menyebutkan suasana pekerjaan,
teman sejawat, tempat bekerja dan
upah
Wisata:
Menyampaikan kegiatan wisata yang
meliputi:
- Program liburan dan tujuan wisata
- Perlengkapan yang diperlukan untuk
suatu tujuan wisata
- Jadwal perjalanan kereta api, bis
atau pesawat terbang
- Penginapan yang lebih nyaman atau
murah
SMA/MA ©Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan – BALITBANG – DEPDIKNAS 4
- Pengalaman menuju dan di lokasi
wisata
B. Tata Bahasa/Qawaid
SMA/MA ©Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan – BALITBANG – DEPDIKNAS 5
SMA/MA ©Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan – BALITBANG – DEPDIKNAS 6
Keterangan: *) Ungkapan Komunikatif dan Struktur Pola Kalimat sesuai batasan
materi.
SMA/MA ©Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan – BALITBANG – DEPDIKNAS 7
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN 1. Memahami berbagai ragam wacana
tulis dalam bentuk paparan dan atau
dialog sederhana tentang identitas
diri, kehidupan sekolah, hobi dan
kegiatan waktu senggang,
kehidupan keluarga, pekerjaan,
wisata.
URAIAN Menentukan tema wacana
INDIKATOR Disajikan wacana sederhana tentang
identitas diri; Siswa dapat
menentukan tema dari wacana
tersebut.
CONTOH SPESIFIKASI UJIAN NASIONAL
SMA/MA ©Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan – BALITBANG – DEPDIKNAS 8
قَا َ ل الطَّالِبُ :
اِسْمِيْ هَادِيْ, َأسْكُنُ بِجَا َ كرْتَا مَعَ َأخِي الْ َ كبِيْرِ,
َأدْرُسُ فِي الْمَدْرَسَةِ الثَّانَوِيَّةِ الْحُكُوْمِيَّةِ.
مَوْضُوْعُ الْقِرَاءَةِ السَّابَِقةِ هُوَ...
A. جَا َ كرْتَا
B. َاْلُأسْرَةُ
C. التَّعَارُفُ
D. َاْلمَدْرَسَةُ
E. التَّعَلُّمُ
Kunci: C
Wacana di atas adalah seorang siswa yang memperkenalkan dirinya yang
bernama Hadi, tinggal di Jakarta bersama kakak laki-laki dan belajar di SMA
Negeri. Maka tema yang tepat dari wacana di atas adalah Perkenalan. Jadi
jawaban yang tepat adalah C, yaitu التَّعَارُفُ
No. Soal
1
Contoh Soal
C
Kunci
C
Pembahasan
SMA/MA ©Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan – BALITBANG – DEPDIKNAS 9
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN 2. Mengungkapkan pendapat, perasaan
dan pikiran secara tertulis dengan
menggunakan ungkapan
komunikatif, kosa kata dan
struktur/pola kalimat yang tepat
tentang identitas diri, kehidupan
sekolah, hobi dan kegiatan waktu
senggang, kehidupan keluarga,
pekerjaan, wisata.
URAIAN Ungkapan/kosa kata, struktur/pola
kalimat.
INDIKATOR Disajikan wacana sederhana; Siswa
dapat menentukan kosa kata yang
sesuai tentang profesi seseorang.
CONTOH SPESIFIKASI UJIAN NASIONAL
SMA/MA ©Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan – BALITBANG – DEPDIKNAS 10
َأحْمَدُ مُهَنْدِسٌ, وَعَلِيُّ مُدَرِّسٌ فِي الْمَدْرَسَةِ الثَّانَوِيَّةِ,
وَعُْثمَا ُ ن يَعْمَلُ فِي الْمَزْرَعَةِ.
مَامِهْنَةُ عُْثمَا ُ ن؟ هُوَ ...
A. َفلاَّحٌ
B. َ طبِيْبٌ
C. مُدَرِّسٌ
D. مُهَنْدِسٌ
E. صَحَفِيٌّ
Dari wacana di atas dijelaskan bermacam-macam profesi, Ahmad seorang
insinyur, Ali seorang guru di SMA Negeri, dan Usman bekerja di sawah. Usman
tidak dijelaskan profesinya. Yang ditanyakan apa profesi Usman? Dari option yang
ada jawabannya adalah A, karena orang yang bekerja di sawah adalah Petani.
Petani dalam bahasa arab adalah .فَلاَّحٌ
No. Soal
2
Contoh Soal
A
Kunci
A
Pembahasan
SMA/MA ©Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan – BALITBANG – DEPDIKNAS 11
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN 1. Memahami berbagai ragam wacana
tulis dalam bentuk paparan dan atau
dialog sederhana tentang identitas
diri, kehidupan sekolah, hobi, dan
kegiatan waktu senggang,
kehidupan keluarga, pekerjaan,
wisata.
URAIAN Susunan kalimat yang benar.
INDIKATOR Disajikan kalimat acak; Siswa dapat
menyusun menjadi kalimat yang
benar.
CONTOH SPESIFIKASI UJIAN NASIONAL
SMA/MA ©Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan – BALITBANG – DEPDIKNAS 12
عَيِّنْ َأصَحَّ التَّرْتِيْبِ مِنَ الْكَلِمَاتِ الَْأتِيَةِ!
يَقْرَأُ – َالْمَكْتَبَةِ - َأحْمَدُ – ْاَلمجَلََّة – فِي
A. يَقْرَُأ الْمَجَلََّة َأحْمَدُ الْمَكْتَبَةِ فِي
B. يَقْرَأَُأحْمَدُ الْمَجَلََّة فِي الْمَكْتَبَةِ
C. يَ ْ قرٌَُأ فِي الْمَجَلََّة َأحْمَدُ الْمَكْتَبَةِ
D. يَقْرَأُ فِيْ َأحْمَدُ الْمَكْتَبَةِ الْمَجَلََّة
E. الْمَكْتَبَةِ يَقْرَأَُأحْمَدُ الْمَجَلََّة فِي
Dalam struktur kalimat di atas menunjukkan Jumlah Fi’liyah, susunan
kalimatnya terdiri dari Fi’il-Fa’il dan Maf’ul Bih. Maka jawaban yang sesuai dengan
susunan kalimat dan dari segi arti adalah jawaban yang B.
No. Soal
3
Contoh Soal
B
Kunci
B
Pembahasan
SMA/MA ©Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan – BALITBANG – DEPDIKNAS 13
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN 2. Mengungkapkan pendapat,
perasaan, dan pikiran secara tertulis
dengan menggunakan ungkapan
komunikatif, kosa kata dan
struktur/pola kalimat yang tepat
tentang identitas diri, kehidupan
sekolah, hobi, dan kegiatan waktu
senggang, kehidupan keluarga,
pekerjaan, wisata.
URAIAN Ungkapan/kosa kata, struktur/pola
kalimat.
INDIKATOR Siswa dapat menentukan jawaban
atas pertanyaan tentang dlamir
munfashil yang berkaitan dengan
kehidupan sekolah.
CONTOH SPESIFIKASI UJIAN NASIONAL
SMA/MA ©Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan – BALITBANG – DEPDIKNAS 14
َأيْنَ يَجْلِسُ التََّلامِيْ ُ ذ؟
... يَجْلِسُوْ َ ن عََلى اْلمَ ْ قعَدِ.
A. َأنْتَ
B. هُوَ
C. هِيَ
D. هُنَّ
E. هُمْ
Wacana percakapan di atas menanyakan di mana para siswa duduk? Karena
ada kata para siswa, dalam bahasa arab ada wau dan nun yang menunjukkan
bentuk jamak laki-laki, maka jawaban yang sesuai untuk jawaban tersebut
adalah E ( هُمْ ). Karena هُمْ adalah dlamir munfashil untuk bentuk jamak
mudzakar (laki-laki). Sedang هُنَّ adalah bentuk jamak untuk wanita. هِيَ
dlamir munfashil untuk orang ketiga perempuan tunggal (sendiri). هُوَ dlamir
munfashil untuk orang ketiga laki-laki tunggal (sendiri). َأنْتَ adalah dlamir
munfashil untuk orang kedua laki-laki tunggal (sendiri).
No. Soal
4
Contoh Soal
E
Kunci
E
Pembahasan
SMA/MA ©Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan – BALITBANG – DEPDIKNAS 15
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN 2. Mengungkapkan pendapat,
perasaan, dan pikiran secara tertulis
dengan menggunakan ungkapan
komunikatif, kosa kata dan
struktur/pola kalimat yang tepat
tentang identitas diri, kehidupan
sekolah, hobi, dan kegiatan waktu
senggang, kehidupan keluarga,
pekerjaan, wisata.
URAIAN Ungkapan/kosa kata, struktur/pola
kalimat.
INDIKATOR Disajikan wacana sederhana tentang
kehidupan sekolah; Siswa dapat
menentukan pelaku (fa’il) dari
wacana tersebut.
CONTOH SPESIFIKASI UJIAN NASIONAL
SMA/MA ©Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan – BALITBANG – DEPDIKNAS 16
َذهَبَتْ عَائِشَةُ اَِلى اْلمُسْتَشَْفى
مَامَوْقِعُ الْاِعْرَابِ مِنَ الْ َ كلِمَةِ الَّتِيْ تَحْتَهَا خَطٌّ ؟
A. فِعِلْ
B. َفاعِ ْ ل
C. مَ ْ فعُو ْ ل بِهِ
D. خَبَرْ
E. مُبْتَدَاءْ
Wacana di atas terdiri dari fi’il-fail, huruf jar dan majrur. Yang ditanyakan
adalah kata عَائِشَُة (yang digarisbawahi) kedudukannya sebagai apa? Adapun
uraiannya sebagai berikut:
َذهَبَتْ adalah fiil, عَائِشَةُ adalah fail, اَِلى adalah huruf jar, dan اْلمُسْتَشَْفى sebagai
majrur. Jadi jawabannya adalah B.
No. Soal
5
Contoh Soal
B
Kunci
B
Pembahasan
SMA/MA ©Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan – BALITBANG – DEPDIKNAS 17
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN 1. Memahami berbagai ragam wacana
tulis dalam bentuk paparan dan atau
dialog sederhana tentang identitas
diri, kehidupan sekolah, hobi, dan
kegiatan waktu senggang,
kehidupan keluarga, pekerjaan,
wisata.
URAIAN Informasi (dengan bantuan gambar)
tentang layanan umum.
INDIKATOR Siswa dapat menentukan gambar
yang sesuai tentang alat
transportasi.
CONTOH SPESIFIKASI UJIAN NASIONAL
SMA/MA ©Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan – BALITBANG – DEPDIKNAS 18
ُأنْ ُ ظرْ اَِلى الصُّوْرَةِ!
مَاسْمُ َاَلةِ الْمُوَاصَلَاتِ فِيْ هَذِهِ الصُّوْرَةِ ؟
A. َالسَّفِيْنَةُ
B. َالْجَواََّلةُ
C. َالطَّائِرَةُ
D. َاْلقِ َ طارُ
E. َالسَّيَّارَةُ
Soal di atas menanyakan tentang alat transportasi yang sesuai dengan
gambar. Pada option (a) adalah kapal laut, (b) adalah sepeda motor, (c) adalah
pesawat udara, (d) adalah kereta api, (e) adalah mobil. Maka jawaban yang benar
dan sesuai dengan gambar adalah D.
No. Soal
6
Contoh Soal
D
Kunci
D
Pembahasan
SMA/MA ©Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan – BALITBANG – DEPDIKNAS 19
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN 2. Mengungkapkan pendapat,
perasaan, dan pikiran secara tertulis
dengan menggunakan ungkapan
komunikatif, kosa kata dan struktur/
pola kalimat yang tepat tentang
identitas diri, kehidupan sekolah,
hobi, dan kegiatan waktu senggang,
kehidupan keluarga, pekerjaan,
wisata.
URAIAN Ungkapan/ kosa kata, struktur/ pola
kalimat.
INDIKATOR Disajikan kalimat rumpang; siswa
dapat melengkapi dengan ungkapan
kegiatan yang berkaitan dengan
layanan umum.
CONTOH SPESIFIKASI UJIAN NASIONAL
SMA/MA ©Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan – BALITBANG – DEPDIKNAS 20
... فِي صَاَلةِ اْلاِنْتِ َ ظارِ
A. يَبِيْعُ الْبَائِعُ الْحيوا َ ن
B. يَشْتَرِى السُّكَّا ُ ن السَّمَكَ
C. يَشْقِى اْلبُسْتَانِيُّ اْلَازْهَارَ
D. يَزْرَعُ الْفَلَّاحُ الْخُضْرَوَاتِ
E. يَقْرَأُ الْمُسَافِرُ الْجَرِيْدََة
Untuk melengkapi wacana sederhana di atas tentang layanan umum, maka
jawaban yang sesuai adalah E, karena wacana di atas membahas tentang
kegiatan ketika menunggu di ruang tunggu, sedangkan option yang lain
bukan menunjukkan kegiatan di ruang tunggu.
No. Soal
7
Contoh Soal
E
Kunci
E
Pembahasan
SMA/MA ©Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan – BALITBANG – DEPDIKNAS 21
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN 2. Mengungkapkan pendapat,
perasaan, dan pikiran secara tertulis
dengan menggunakan ungkapan
komunikatif, kosa kata dan struktur/
pola kalimat yang tepat tentang
identitas diri, kehidupan sekolah,
hobi, dan kegiatan waktu senggang,
kehidupan keluarga, pekerjaan,
wisata.
URAIAN Makna kata
INDIKATOR Disajikan wacana sederhana tentang
identitas diri; Siswa dapat
menentukan makna kata yang
tersirat.
CONTOH SPESIFIKASI UJIAN NASIONAL
SMA/MA ©Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan – BALITBANG – DEPDIKNAS 22
َأمِنَةُ تَجْلِسُ فِي الَْفصْلِ الثَّالِ َ ث فِي الْمَدْرَسِةِ الثَّانَوِيَّةِ اْلحُ ُ كوْمِيَّةِ، هي ...
A. تَاجِرٌَة
B. مُدِيْرٌَة
C. طَالِبٌَة
D. مُدَرِّسٌَة
E. خَادِمٌَة
Wacana sederhana di atas tentang Aminah yang belajar/duduk di kelas 3 SMA
Negeri. Pertanyaannya adalah siapakah Aminah itu? Jawabannya adalah
seorang pelajar. Makna kata pelajar dalam bahasa arab adalah َ طالِبٌَة . jadi
jawaban yang sesuai dengan wacana di atas adalah C.
No. Soal
8
Contoh Soal
C
Kunci
C
Pembahasan
SMA/MA ©Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan – BALITBANG – DEPDIKNAS 23
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN 2. Mengungkapkan pendapat,
perasaan, dan pikiran secara tertulis
dengan menggunakan ungkapan
komunikatif, kosa kata dan
struktur/pola kalimat yang tepat
tentang identitas diri, kehidupan
sekolah, hobi, dan kegiatan waktu
senggang, kehidupan keluarga,
pekerjaan, wisata.
URAIAN Ungkapan/kosa kata, struktur/pola
kalimat
INDIKATOR Siswa dapat menentukan kata tanya
yang sesuai dengan kehidupan
sekolah.
CONTOH SPESIFIKASI UJIAN NASIONAL
SMA/MA ©Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan – BALITBANG – DEPDIKNAS 24
+ : ... تََقعُ الْمَجَلَّاتُ وَالْ ُ كتُبُ فِي اْلمَ ْ كتَبَةِ؟
- : َالْمَجَلَّاتُ عََلى اْلمَ ْ كتَب وَالْ ُ كتُبُ عََلى الرَّفِّ
A. َ كمْ
B. َأيْنَ
C. َ كيْفَ
D. لَِأيِّ شَيْئٍٍٍ
E. لمَِاَذا
Percakapan di atas adalah tentang kehidupan di sekolah yang jawabannya
dari percakapan tersebut adalah letak majalah-majalah dan buku-buku.
Percakapan tersebut belum ada kata tanya yang digunakan, maka kata tanya
yang sesuai adalah di mana. Dalam bahasa arab kata tanya tersebut adalah
َأيْنَ . jadi jawaban yang sesuai adalah B.
No. Soal
9
Contoh Soal
Kunci
B
Pembahasan
B
SMA/MA ©Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan – BALITBANG – DEPDIKNAS 25
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN 1. Memahami berbagai ragam wacana
tulis dalam bentuk paparan dan atau
dialog sederhana tentang identitas
diri, kehidupan sekolah, hobi, dan
kegiatan waktu senggang,
kehidupan keluarga, pekerjaan,
wisata.
URAIAN Makna kata
INDIKATOR Siswa dapat menentukan makna
kata tentang identitas diri.
CONTOH SPESIFIKASI UJIAN NASIONAL
SMA/MA ©Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan – BALITBANG – DEPDIKNAS 26
اِسْمِيْ عُْثمَا ُ ن, عُنْوَانِي فِي شَارِعِ َأحْمَدْ يَانِي رَقْمٌ ٢٧ جَا َ كرْتَا الشَّرْقِيَّةِ
مَامَعْنَى "عُنْوَانِي" فِي القراءة السَّابَِقةِ؟
A. Alamatku
B. Sekolahku
C. Orangtuaku
D. Namaku
E. Jakartaku
Soal di atas menggambarkan tentang tempat tinggal dan nama jalan di
daerah Jakarta Timur. Siswa diminta menentukan makna kata عُنْوَانِي dengan
kosa kata yang sesuai. Dalam bahasa arab makna عُنْوَانِي adalah Alamatku,
maka jawaban yang sesuai adalah A.
No. Soal
10
Contoh Soal
A
Kunci
A
Pembahasan

No comments:

Post a Comment